Halaman Depan

Rabu, 31 Agustus 2011

Bulan Sabit= 1 Syawal. Apa pendapat Anda?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Setelah sekian lama gak update blog dari hape, akhirnya, eng ing eng, inilah postingan saya yang diketik dari hape #bangga

Postingan ini saya ketik di kampung nenek saya Pulau Kampai (Anda harus melihat Google Maps/Google Earth atau Atlas, terletak di utara Sumut, berbatasan langsung dengan NAD)

5 menit lalu, ketika saya akan halal bi halal ke rumah saudara, tanpa sengaja saya melihat ke atas dan melihat bulan sabit. Sangat indah. Lalu saya kembali mengotak-atik hape, dan juga tanpa sengaja, saya melihat sms-sms Selamat Idul Fitri dari teman-teman.

Ya,hari ini adalah 1 Syawal (versi Pemerintah RI).

Dan bulat sabit adalah keanehan tersendiri di hari ini.

Bulan dalam sistem penanggalan Kamariah (Hijiriah) memegang peranan penting didalamnya. Berbeda dengan penanggalan Syamsyiah (Masehi) yang bergantung dengan rotasi dan revolusi matahari.

Maka hasilnya, jumlah hari dalam Masehi adalah objektif,selalu 30/31 tiap bulan (28/29 dalam Februari). Berbeda dengan Hijriah yang melihat bulan sebagai acuannya, dan jumlah revolusinya 29 1/4 hari *kalau gak salah -__- <--bukan anak ipa*

Masuknya bulan baru dalam Hijriah ditandai dengan bulan mati (bulan kosong). Tanggal 15 (pertengahan bulan) ditandai dengan bulan purnama, dan akhir bulan kembali lagi menjadi bulan mati.

Jika kita perhatikan, dan Anda semua bisa melihat ke langit, bulan malam ini adalah bulan sabit. Ini artinya, hari ini, sesuai ilmu dasar astronomi bulan islami, bukanlah 1 syawal, melainkan sudah memasuki malam ke- 3 atau mungkin 4 syawal. Karena logikanya, tidak mungkin bulan sabit menunjukkan awal bulan baru.

Kesimpulan:

Menurut ilmu astronomi Islam paling dasar, ini bukanlah 1 syawal, melainkan sudah masuk malam ke-3 syawal.

Dalam hal ini saya belum tahu hukum puasa nya orang yg kemarin menjalankan puasa. Maka setelah ini, saya akan menanyakan kepada yang ahli supaya tidak yterjadi kerancuan dalam menjalankan ibadah

Wallahu'alam bish shawab.

*tolong jika ada kesalahan, saudara sekalian yang punya ilmu agama berlebih harap membenarkan postingan dan pandangan saya*

1 komentar:

  1. sok gak anak ipa kau sal -__-, bulannya gak keliatan di rumah aku, soalnya hujan~

    BalasHapus