Halaman Depan

Senin, 22 Agustus 2011

Pelajaran dari Tentor (Tutor) Bimbel

Assalamualaikum, hai semua. Bukan saya sok dekat gitu, tapi memang hati saya lagi senang nih. Soalnya tadi saya barusan dapet contekan PR ramadhan dari teman sekelas. Hahaha #abaikan

Nah, kali ini saya ingin bercerita tentang kisah saya tadi sewaktu bimbel. Kebetulan saya bimbel di Adzkia Jl. Hayam Wuruk No.15 B Medan. Kalau teman-teman mau daftar bilang sama saya aja ya. Uang pendaftaran gratis, tapi saya yang dapat persenan dari Adzkia nya (maklum promosi-promosi bimbel di sekolahan saya lagi ngetrend, dan sang penawar akan mendapatkan persenan dari bimbelnya #abaikan -_-)

Okay, let’s get down to the business. Tadi pas di les kedua bimbel saya adalah pelajaran Biologi. Nama abang tentornya adalah Bang Amiril (iril_fkg@yahoo.co.id) , bukan apa-apa saya tarok alamat emailnya, entah ada yang mau nanya tentang biologi, sama dia aja, dia orangnya friendly banget. Pas di tengah-tengah penjelasannya tentang struktur ini itu dan kami pun sambil ngebahas soal dari dia, tiba-tiba dengan semangat yang berapi-api dia bilang kayak gini:
MURID INDONESIA SEKARANG PINTER. PINTER KALIPUN. SAKING PINTERNYA SAMPAI NANTI PAS UN GAK ADA YANG LULUS

Lha, kami semua terkejut dengan apa yang dibilangnya. Kami nanya lah
“KOK GITU BANG?”

Dia jawab:
“Iya lah. Liat juara olimpiade fisika, matematika, kimia, biologi internasional itu semua yang megang siswa indonesia. Belajarnya semua diborong. Dari kelas 1 SMP semua nya dipelajari. IPA, IPS, kerajinan tangan, dll. Tapi hasilnya begitu kuliah? Paling berapa lah yang betul-betul berhasil.”
“Abang itu maunya adek itu belajarnya kayak di luar negeri sana. Apa yang kita pengen itu yang diambil. Mirip-mirip SKS, nah jadinya kita cuma belajar apa yang kita ingin dalami dan pelajari dari SMP. Gitu kan bagus”.
(FYI,di Singapura untuk mendapatkan S1 hanya butuh 74 SKS, Indonesia 144 SKS)

Tambah lagi kalau klen disekolah belajar nya entah kayak apa. Guru datang, duduk, diem, pulang. Ada juga guru yang sistemnya CBSA (Catat Buku Sampe Abis). Nanti gurunya datang, duduk, ngajarin 10 halaman, langsung nyuruh PR 3 Bab. Ini kan gila namanya!?” (saya pakai tanda seru bukan karena ingin mendramatisasi, karena memang Bang Iril ini berapi-api banget neranginnya, bikin gue jadi kerangsang juga ngeliatnya)

Ditengah kegalauan kami karena harus nyelesaikan kuis dari Bang Iril dan harus memaknai kata-kata Bang Iril tadi, saya memutuskan untuk membuka laptop saya dan mencari folder bernama SHAUN. Apa isinya? Jreng…jreng…isinya adalah kumpulan-kumpulan foto kartun kesukaan saya, Shaun the Sheep. Eeeekkk…(ini bukan “eek”, tapi ketawa gaya shaun. -_-)

Bang Iril melanjutkan:
“Nah, kalau udah guru kayak gitu, otomatis kalian semua pasti ngerjai peernya TERPAKSA. Kalau udah seorang murid ngerjai PR dengan terpaksa, maka tamatlah sudah (weew). Klen bayangkanlah kalau semisalnya murid udah terpaksa mengerjakan peer nya? Ya pasti minta jawaban sama kawan, minta jawaban sama tentor. Udah pasti itu

Gleek,saya langsung melirik ke arah Bang Iril. Kayaknya kata-katanya nohok banget. Tentunya bukan untuk saya, karena saya memang gak pernah ngerjai peer, apalagi diskusi sama tentor di bimbel -_-, tapi ini jelas untuk mereka yang selalu mengharapkan jawaban dari kawan maupun tentor.

“Okelah paling ada beberapa persen dari klen yang ngerjai sendiri. Tapi itupun asal-asalan dengan anggapan, “Alah,nanti pun di bimbel dibetulin abang sama kakak tentornya”. Pasti gitu dipikiran klen".

Lanjut Bang Iril:
“Kayak-kayak klen gini, udah tau kali abang, pasti yang libur sebulan di bulan Ramadan dapat peernya yang segunung kan? Kalau abang jadi guru klen, GAK ADA PEER DI BULAN RAMADHAN!

Saya langsung teriak histeris,” Hidup Bang Iril, Hidup Bang Iril. I love you Bang Iril,mmmmmuuaaachh *sambil buka baju*

“Kalau abang jadi kepala sekolah, abang buat libur ya libur. Kalau klen libur sebulan tapi peer numpuk banyak, otomatis klen malas ngerjainnya. Dan hasilnya yaudah, malas yang berkepanjangan. Kalau gitu mending klen gak usah libur ya kan?

Nah, yang belakangan saya setuju kali ini.

“Kalau dulu di zaman abang sekolah, sampai abang demo itu sekolah supaya gak ada peer di bulan Ramadan. Hasilnya, cuma di zaman abang lah gak ada peer di bulan Ramadan (dengan bangganya dia sambil menepuk dada dan membuka celana #eh)

“Coba klen sekarang mana ada yang berani kayak gitu kan?”

Saya nyeletuk,”Lah,gimana mau berani, kepsek kami nenek-nenek bang”. Dan temen sekelas langsung ketawa simpul.

Mendengar celetukan saya, Bang Iril menjawab:
“Dek,dek. Mana ada kepsek yang muda. Semuanya nenek-nenek kalau gak kakek-kakek. Jarang yang muda. Kalau muda, pas pula laki-laki, abislah anak murid siswinya. Kalau perempuan, abislah sama KAMI *sambil nunjuk dadanya dengan bangga*” (wkwkwk,Bang Iril ini rupanya dulu pemain juga)

Ya,kami pun semua ketawa.
Tak terasa obrolan ngawur kidul ini terhenti karena azan maghrib #plaak #masihlama, eh, maksud saya karena bel udah berbunyi menandakan waktunya bahas soal. Yah, kegiatan rutin pun dimulai dengan tentor membacakan soal, murid menjawab, lalu tentor dengan kode membenarkan. Maksudnya kode a:ayam, b:bebek, c:cicak, d:dodol, e:entok (yang “e” wajib entok biasanya -_-)

Dari kisah diatas saya mendapatkan beberapa kesimpulan:


Sistem pendidikan Indonesia ternyata belum bagus (90% pembaca pasti langsung bilang “Udah tahu goblok” -_-)

Tentor adalah pusat dari segala aduan kegalauan siswa karena peer yang sedang dihadapi. Maka dari itu, mari berdoa untuk tentor #prayforTentor

FYI,sebenarnya kata Tentor itu gak ada artinya. Kalaupun diartikan artinya adalah: Penenda/pembuat tenda,dari kata Tent(tenda) + or = Tentor. Harusnya adalah Tutor, dan kata ini memang ada dikamus artinya Pengajar. Saya gak tau ini sejak kapan kesalahannya -_-

Kalau mau jadi kepala sekolah, ente kudu jadi tua dulu. Khusus untuk jadi kepala sekolah SMA Negeri 1 Medan, ente mesti operasi muka supaya muka ente gersang. Gimana gak, kepsek kami sekarang aja hanya untuk mendapatkan jabatan kepsek mesti operasi dulu supaya gersang mukanya. Dan mendapatkan nama julukan Si Tua Rebekka Gersang. (atau mungkin memang mukanya udah gersang bawaan lahir? Atau faktor umur? Wallahu ‘alam)

Ternyata ikhlas bukan hanya untuk sedekah atau beribadah, namun juga belajar. Belajarlah dengan ikhlas dan sepenuh hati. Biar aja cuma sedikit yang dapat, asalkan ikhlas dan sungguh-sungguh pasti Tuhan mengabulkan dan melapangkan jalan kita. Amin.

Sekian dulu ya. Sampai jumpa di post gak penting lainnya. Bye…Mmmmmuaaaach

3 komentar:

  1. Setuju ama abang itu! Tapi ngapailah kau bawa-bawa bunda sal-sal ¬_¬

    BalasHapus
  2. Bunda memang harus dibuat pan, supaya famous dia -__-. Thanks ali imran for the comment

    BalasHapus